1478955021_Ahok-Basuki-Tjahaja-Purnama.jpg

3 Alasan Kasus Ahok Layak Naik ke Penyidikan, Alat Bukti Sudah Cukup

CnCni.net, JAKARTA – Kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok dapat ditingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan. Sebab, alat bukti sudah cukup dan pasal-pasalnya sudah sangat jelas.

Hal tsb dikatakan Habiburokhman, kuasa hukum pelapor kasus dugaan penistaan agama oleh Ahok, Habib Novel Bamukmin. Menurut ia, ada tiga alasan yg membuat kasus Ahok layak dinaikkan ke tingkat penyidikan.

Habiburokhman mengaku akan menghadap Kepala Bareskrim Polri, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, Senin lusa (14/11) buat menyampaikan tigal hal tsb.


“yg pertama, kami meminta supaya Mabes Polri segera meningkatkan kasus dugaan penghinaan agama yg dilakukan oleh Ahok segera ditingkatkan ke penyidikan,” ujar Habiburokhman dalam siaran persnya.

Menurut ia, dalam perkara ini sudah ada bukti yg cukup sesuai Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2012 Tentang Manajemen Penyidikan Pidana.

Alat bukti tsb berupa berupa laporan polisi dan lebih dari dua alat bukti yg sah, yaitu rekaman vidio full version, keterangan saksi dari Pemprov DKI, keterangan Ahok sendiri yg saling sesuai satu sama lain bahwa memang ia menyampaikan pidato tsb.

“yg kedua, kami meminta supaya Mabes Polri tak bingung dalam menerapkan pasal pidana apa buat memeriksa perkara ini,” katanya.

Menurut nalar hukum yg wajar, perbuatan Ahok tsb dapat dijerat dgn Pasal 156a huruf a KUHP, Pasal 156 KUHP dan Pasal 28 ayat (2) junto Pasal 45 ayat (2) UU 11/2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan cara alternatif.



3 Alasan Kasus Ahok Layak Naik ke Penyidikan, Alat Bukti Sudah Cukup | sentot | 4.5