2

5 Aski Demo Paling Merugikan Sepanjang Sejarah. Kerugiannya Mencapai Ratusan Juta Dolar

CnCni.net – Aksi demo yang sedang terjadi di tanah air dalam penuntutan Ahok terkait penistaan agama ini memang sedang membuat heboh publik.

Dan sepanjang sejarah ini , aksi demo sering dilakukan dalam berbagai macam bentuk. Bahkan kabarnya ada beberapa aksi demo yang paling merugikan sepanjang sejarah ini.

Seperti yang dilansir dari Liputan6.com, inilah dia 5 aksi demo paling merugikan sepanjang sejarah.

1. Demonstrasi Los Angeles 1965

1

Salah satu aksi demo yang merugikan terjadi di Los Angeles pada tahun 1965. Demonstrasi ini bermula akibat penangkapan yang dilakukan polisi pada warga Afrika-Amerika yang diduga berkendara sambil mabuk. Aksi demo ini dianggap merugikan karena akibat kericuhan tersebut 34 orang meninggal dunia, lebih dari 1.000 orang meninggal serta 3.500 orang lain ditangkap polisi.

2. Demonstrasi Inggris 2011

2

Yang kedua , aksi demo merugikan juga terjadi di Inggris pada tahun 2011 silam. Aksi demo tersebut berawal ketika seorang pemuda bernama Mark Duggan tewas tertembak. Ia diduga tewas akibat tertembak peluru yang ditembakkan petugas keamanan. Untuk menuntut keadilan dari tewasnya Mark, para teman dan kolega pun turun ke jalan.

Hingga pada akhirnya , baku tembak demonstran dan aparat keamanan pun terjadi. Demonstrasi ini pun meluas ke beberapa kota di Inggris seperti London, Birmingham dan Manchester.

Aksi demo ini dianggap merugikan karena sebanyak 100 rumah terbakar habis. Total 5 orang meregang nyawa dan ratusan orang lain luka-luka .

3. Demonstrasi Detroit 1967

3

Aksi demo yang dianggap merugikan juga terjadi di Detroit pada tahun 1967. Ketika itu, polisi di Detroit, Amerika Serikat menggerebek sebuah bar berisi warga kulit hitam pada tahun 1967. Peristiwa tersebut memicu kemarahan dari warga kulit hitam lainnya dan langsung berubah menjadi kerusuhan.

Kerugian dari aksi tersebut menyebabkan 43 orang dikabarkan meninggal dan 1.200 orang lainnya luka-luka. Lebih dari 2.000 bangunan rusak dan terbakar. Bahkan akibat hal ini, kerugian lain ditaksir lebih dari U$ 700 juta.

4. Demonstrasi Los Angeles 1992

4

Demonstrasi yang terjadi di Los Angeles tahun 1992 ini juga dianggap sebagai aksi demo yang merugikan. Aksi demo yang terjadi selama enam hari berturut-turut tersebut mengakibatkan 53 orang meninggal dunia dan 4.000 orang lain luka-luka. Lebih dari 1.000 bangunan terbakar dan rusak akibat aksi massa.

5. Demonstrasi Gujarat 2002

5

Dan aksi demo yang terakhir dianggap merugikan yakni terjadi di Gujarat pada tahun 2002 yang menyebabkan lebih dari 1.000 orang diperkirakan meninggal. Sedangkan 2.500 orang lainnya luka-luka dan 600 anak kehilangan orang tuanya. Kerusakan bangunan menyebabkan kerugian hingga lebih dari US$ 1 miliar.

Incoming search terms:

  • eko lutung
  • eko lutung aoet
  • sejarah eko lutung aoet
  • sejarah atletik dunia
  • sejarah akuntansi dari zaman kolonial
  • revolusi jika tuntutan aksi 2 desember tidak didengar
  • ppt jenderal gatot nurmantyo
  • latar belakang computer city makassar
  • franda aduhai seksinya
  • SEJARAH PRAMUKA TOLITOLI
5 Aski Demo Paling Merugikan Sepanjang Sejarah. Kerugiannya Mencapai Ratusan Juta Dolar | sentot | 4.5