ahok-blusukan.jpg

Ahok Tersangka tapi Tak Ditahan, GNPF MUI Akan Konsolidasi Pekan Ini, Ada Aksi Lanjutan?

CnCni.net, JAKARTA – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) yg menjadi motor utama aksi damai 4 November berikutnya belum mengeluarkan resmi pasca penetapan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai tersangka.

Para pengurus akan bertemu terlebih dahulu buat menentukan sikap resmi. Termasuk apakah akan ada aksi susulan yg digadang-gadang bakal dihelat pada 25 November.

”GNPF MUI masih akan konsolidasi dahulu. Baru sesudah itu akan berikan pernyataan resmi,” ujar Wakil Ketua M. Zaitun Rasmin kemarin (16/11/2016).


Pertemuan itu sekaligus buat menentukan rencana pengawalan terhadap kasus dugaan penistaan agama yg dilakukan Ahok. ”Kemungkinan Jumat (18/11),” imbuh ia.

Pria yg juga menjadi Ketua Umum Wahdah Islamiyah itu menuturkan penetapan Ahok sebagai tersangka itu baru permulaan dan harus dikawal hingga pengadilan.

Mereka sangat yakin kerja kepolisian sangat profesional. ”Berharap polisi perjuangkan hak masyarakat,” mengungkap ia.

Lebih lanjut, ia berharap polisi dapat menahan Ahok. Setidaknya ada tiga sebab yg pantas dijadikan alasan.

Yakni, ancaman hukuman lebih dari lima tahun, kemungkinan Ahok akan mengulangi penistaan serupa dgn seringnya ia berkomentar di media; dan demi keselamatan Ahok.

Mengenai potensi unjuk rasa susulan pada 25 November ia menuturkan masih belum ada kesepakatan. yg menjadi fokus saat ini yaitu mengawal supaya kasus tsb tak berhenti di tengah jalan.

”Mayoritas ulama sepakat andai ada penistaan agama. Kalaupun ada yg tak sepakat itu dari seratus ulama paling dua atau tiga aja,” tambah Zaitun.

(jun/sta/pojoksatu)



Incoming search terms:

  • Ahok Tersangka tapi tidak ditahan
Ahok Tersangka tapi Tak Ditahan, GNPF MUI Akan Konsolidasi Pekan Ini, Ada Aksi Lanjutan? | sentot | 4.5