Gunung-Sinabung-di-Kabupaten-Karo-Sumatera-Utara-mengeluarkan-abu-vulkanik.jpg

Awan Panas Sinabung Menjulang 1.500 Meter

CnCni.net, MEDAN – Gunung Sinabung kembali memuntahkan awan panas setinggi 1.500 meter. Erupsi gunung yg terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara itu terjadi sekira pukul 07.46 WIB pagi tadi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengucapkan, luncuran awan panas sejauh 700 meter mengarah ke sektor tenggara-timur.

Arah angin perlahan ke tenggara. PVMBG Sinabung juga telah mengimbau supaya masyarakat dan pengunjung/wisatawan tak memasuki zona bahaya Gunung Sinabung dalam radius 3 kilometer dari puncak.


“Zona bahaya dalam jarak 7 km buat sektor selatan-tenggara, dalam jarak 6 km buat sektor tenggara-timur, serta dalam jarak 4 km buat sektor utara-timur Gnung Sinabung,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Minggu (6/11).

Sementara itu aktivitas kegempaan di Gunung Sinabung belum juga menunjukan penurunan. Sizemograf Sinabung telah merekam kegempaan hingga pagi tadi ada 19 kali gempa guguran, 10 kali gempa low frekuensi, 10 kali gempa hybrid, dan 10 kali gempa vb. Status Gunung Sinabung sendiri masih berada di level tertinggi atau awas IV.

“Masyarakat yg berada di dekat sungai-sungai yg berhulu di Gunung Sinabung supaya tetep waspada terhadap bahaya lahar,” imbau Sutopo.

(fab/JPG)



Awan Panas Sinabung Menjulang 1.500 Meter | sentot | 4.5