warga-bogor-jalan-kaki-ke-jakarta.jpg

Demo 2 Desember, 2.000 masyarakat Bogor Jalan Kaki ke Jakarta

CnCni.net, BOGOR – Sedikitnya 2.000 masyarakat Bogor nekat jalan kaki dari Bogor ke Jakarta buat mengikuti demo 2 Desember yg dikenal dgn aksi 212 di Monas Jakarta, Jumat, 2 Desember 2016.

Massa Bogor bertolak dari Masjid Raya Bogor menuju Jakarta pada Kamis (1/12) sekitar pukul 09.00. Tua, muda, dan remaja, rela berjalan kaki sejauh 60-80 kilometer menuju Monas, Jakarta, buat mendoakan bangsa bersama massa dari berbagai daerah lainnya.

Di bawah rintik hujan, massa mulai bergerak keluar kawasan Masjid Raya sekitar pukul 09.00 WIB. Di antaranya ada sejumlah remaja yg berasal dari Sukabumi, Jawa Barat.


Peserta aksi 212, Tatan Rahman (57), menyebut jarak Bogor-Jakarta tak ada apa-apanya dibandingkan dgn perjuangan Rasulullah SAW.

masyarakat asal Paledang, Kota Bogor itu mengaku cuma ingin menuntut keadilan. Apabila hukum susah bicara, ucap ia, maka umat Muslim akan terus bergerak.

“supaya Indonesia juga tenang. Hukum ditegakkan dengan cara adil mudah-mudahan umat Islam bersatu membela Alquran,” katanya.

Massa peserta long march diminta tak khawatir soal pasokan makanan atau layanan kesehatan. Mobil pandu dan ambulan siap siaga mengawal mereka. Selain mendapat pengamanan aparat kepolisian, sejumlah organisasi massa juga mengerahkan laskar-laskar mereka.

“yg daftar sekitar 2.000 orang. tapi di sepanjang jalan nanti juga ada yg ikut bergabung. Panitia sudah berkomunikasi terus dgn setiap titik yg akan ikut bergabung,” mengungkap Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bogor, Bogor Raya, Ustaz Iyus Khaerunnas.

Pengamanan juga dilakukan dengan cara estafet. Personel Polresta Bogor Kota akan mengawal hingga perbatasan kota, dilanjut oleh Polres Bogor hingga Kepolisian Kota Depok.

“Mari kita sama-sama luruskan niat. Niat sebab Allah. Mengawal Alquran. Alquran yg dinistakan musuh-musuh Allah. Siap long march?,” seru Ustaz Iyus disambut sahut menyahut takbir dari peserta.

sesudah beberapa jam perjalanan, massa berhenti sejenak di posko pertama di RSIA Assalam Bogor, Jalan Raya Bogor-Jakarta, Kabupaten Bogor.

Koordinator aksi, Ustaz Asri, jelaskan di titik pertama ini, sudah disiapkan makanan dan minuman, termasuk perlengkapan sandal jepit dan jas hujan.

“Salat dan makan sebelum melanjutkan perjalanan kembali. Rutenya sesudah ini ke arah Depok lanjut ke Jakarta,” ujarnya, seraya menyebut titik peristirahatan kedua berada di Kota Depok.

Asri juga mengaku takjub dgn kegigihan massa. sebab ada di antara mereka yg sudah lanjut usia, tapi kukuh berjalan kaki.

“aku juga melihat sambutan masyarakat terhadap kami luar terbiasa. yg di depan massa lainnya akan bergabung dgn kami, sekitar 2.000 orang lagi,” imbuhnya.

(ric/ded/dka/PKL3/radar bogor/pojoksatu)



Demo 2 Desember, 2.000 masyarakat Bogor Jalan Kaki ke Jakarta | sentot | 4.5