mekah

Indonesia Kutuk Serangan Roket ke Mekah

 

CnCni.net – Pemerintah Indonesia mengutuk aksi penembakan roket ke kota suci Mekah di Arab Saudi. Selain itu, serangan tsb jelas melanggar kedaulatan dan integritas negeri kaya minyak tsb.

“Tempat Suci (Holy Web site) Mekah dan di mana pun harus dihormati dan dilindungi bersama. Indonesia mengecam keras serangan itu dan tindakan ini tak dapat ditoleransi,” ujar Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, melalui keterangannya, Jumat 18 November 2016.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa pembentukan OIC Contact Group on Peace and Battle yang digagas Indonesia, menjadi sangat relevan dalam upaya buat mewujudkan perdamaian di dunia Islam.

Resolusi tsb juga telah memuat usulan baru, yang juga digagas Indonesia, mengenai perlunya seluruh negara anggota OKI (Organisasi Kerjasama Islam) buat menaikkan solidaritas yang saling menguntungkan seluruh negara anggota.

Seperti diketahui, kepada akhir Oktober kemudian, Koalisi Arab Saudi menuduh Iran dan kelompok Hizbullah berada di balik penembakan roket oleh kelompok Houthi, yang jatuh sekitar 65 kilometer dari kota suci Mekah.

Rudal itu diketahui berhasil dicegat dan dilumpuhkan militer Arab Saudi. Duta Besar Norwegia buat Arab Saudi, Rolf Willy Hansen, mengucapkan, serangan itu jelas dikutuk oleh semua orang yang mencintai perdamaian.

“Aku sungguh-sungguh merasa bahwa hal ini dapat diselesaikan di meja perundingan damai,” tuturnya. Suara senada juga diungkapkan Duta Besar Finlandia buat Arab Saudi, Pekka Voutilainen.

“Itu semacam serangan roket di Tanah Arab yang harus dikutuk dalam kata-kata yang paling kuat. Hal ini tak dapat diterima. Milisi Houthi telah mengganggu proses perdamaian, yang penting buat mengembalikan stabilitas politik,” papar ia.viva.co.id

Incoming search terms:

  • serangan roket kemekkah
Indonesia Kutuk Serangan Roket ke Mekah | sentot | 4.5