petisi-ahok.jpg

Ini Pihak-Pihak yg Terlibat Gelar Perkara Kasus Ahok, Belum jelas Dilakukan Terbuka

CnCni.net, JAKARTA – Gelar perkara terbuka kasus dugaan penistaan agama yg menjerat Basuki T. Purnama alias Ahok akan mengundang Komisi Kepolisian Nasional atau Kompolnas.

Demikian diterangkan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Agus Rianto, pada wartawan di Kantor Bareskrim Polri, Gedung KKP, Jakarta Pusat Kamis (10/11/2016).

“Dari internal ada Propam, inspektorat, berikutnya divisi hukum. andai melibatkan pihak eksternal, kemungkinan Kompolnas dan ada beberapa pihak lain yg akan kita undang,” ujar Agus Rianto.

Polri pun merencakan mengundang anggota DPR dari Komisi III yg membidangi hukum. tapi hal itu dapat terlaksana jika ada permohonan dari pihak Dewan.


“andai dari parlemen diperlukan, nanti kami undang,” jelasnya.

Agus Rianto mengucapkan hingga sekarang teknis gelar perkara terbuka kasus Ahok masih dalam kajian. Sejauh ini pro dan kontra wacana gelar perkara terbuka masih menggelinding sebab hal itu tak dikenal dalam undang-undang.

Sebetulnya, ide buat menjalankan gelar perkara terbuka buat kasus Ahok berasal dari perintah Presiden Jokowi. Hal ini diakui sendiri oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

(ald/sta/pojoksatu)



Ini Pihak-Pihak yg Terlibat Gelar Perkara Kasus Ahok, Belum jelas Dilakukan Terbuka | sentot | 4.5