sungai-citarum-meluap.jpg

Jembatan Citarum Disapu Banjir, Waspada Luapan Waduk Saguling!

CnCni.net, BANDUNG – Hujan deras menyebabkan sungai Citarum meluap. Akibatnya, jembatan sementara di Sungai Citarum, tepatnya di Cipatat disapu banjir. Tingginya debit air menyebabkan luapan air merendam jembatan.

Foto-foto jembatan sementara terendam banjir beredar di media sosial. Foto tsb juga menyebar di aplikasi WhatsApp. Foto itu menunjukkan jembatan direndam banjir hingga yg terlihat cuma tiangnya. Beruntung, jembatan tsb masih terlihat utuh.

Bersamaan dgn menyebarnya foto tsb, beredar pula surat edaran dgn kop surat ‘Indonesia Power, Unit Pembangkitan Saguling’.


Surat itu bernomor 282/014/UPSGL/2016, tertanggal 10 November 2016. Surat itu ditandatangani oleh General Manager Indonesia Power Hendres Wayen P.

“Sehubungan dgn kondisi air Waduk Saguling hingga dgn saat ini telah mencapai ketinggian 643,70 mdpl, pada saat elevasi mencapai 643,80 mdpl sesuai SOP pintu spillway no.3 akan dibuka setinggi 1 m. Hal ini menyebabkan volume air ke Sungai Citarum akan bertambah besar. buat itu, kami mengimbau pada seluruh masyarakat yg tempat tinggalnya berada di bantaran Sungai Citarum maupun masyarakat yg mempunyai aktivitas di area tsb dimohon buat meningkatkan kewaspadaan dan mengamankan diri masing-masing apabila sewaktu-waktu terjadi aliran air yg deras di Sungai Citarum (banjir),” demikian bunyi surat itu.

sungai-citarum-meluap-1

Sungai Citarum meluap. Istimewa

Sekretaris Perusahaan PT Indonesia Power, Del Eviondra mengaku surat itu asli. tapi, ia mengaku surat itu cuma ditujukan pada para kepala desa di wilayah bawah Waduk Saguling yg dialiri Sungai Citarum.

Menurut ia, pemberitahuan seperti itu yaitu hal yg normal. Tujuannya supaya masyarakat dibantaran Citarum dapat lebih waspada.

Del jelaskan radius 30 kilometer di bawah Waduk Saguling tak ada perkampungan masyarakat. Barulah sesudah itu banyak permukiman di sekitar Jembatan Rajamandala.

“Kita sudah buka satu pintu air, satu dari yg tiga pintu air yg tersedia. jika tak dibuka, bendungan akan kelebihan tekanan,” ucap Del.

banjir-bandang

Banjir dampak hujan deras di Jawa Barat. Istimewa

dampak lupana Waduk Saguling, sejumlah masyarakat di Cianjur, khususnya yg berada di bawah Waduk Saguling gelisah. Sedikitnya 400 kepala keluarga di desa Bantarcaringin, Desa Cihea, Kecamatan Haurwangi terancam terendam aliran Sungai Caringin, yg sumber airnya dari limpahan Waduk Saguling.

“Sekarang (Sungai Caringin) baru meluap beberapa meter. tapi tak tahu andai nanti pintu air (Waduk Saguling) lainnya ikut dibuka. Di desa itu terdapat empat RT dan 1 RW. Jumlah warganya 400 KK,” ujar Kaur Keuangan Desa Cihea Ali Nurdin.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cianjur Asep Suparman mengucapkan, berdasarkan informasi, belum ada rumah rusak dampak luapan banjir. tapi bangunan pos ronda di salah satu RT rusak tergerus arus air.

(one/pojoksatu)



Incoming search terms:

  • jembatan cipatat meluap
  • banjir jembatan rajamandala
  • foto foto danau saguling airnya meluap banjir
  • menyimpulkan tentang jembatan citarum disapu banjir waspada luapan waduk saguling
Jembatan Citarum Disapu Banjir, Waspada Luapan Waduk Saguling! | sentot | 4.5