fb

Komentari Demo 4 November Akun Facebook Ini Dilaporkan,Lihat seperti Apa Komentarnya

CnCni.net –  Kantor Bantuan Hukum Bulan Bintang (KBH-BB) Kota Surakarta melaporkan Ulin Ni’am Yusron ke Kepolisian Resor Kota Surakarta. KBH-BB menganggap Ulin menyebarkan ujaran kebencian melalui status di Facebook.

“Kami semalam telah melaporkannya ke polisi,” kata perwakilan KBH-BB, Awod, kepada Tempo, Minggu, 6 November 2016. Laporan dari pengacara itu diterima di Polresta Surakarta dengan laporan polisi Nomor: LP/B/649/XI/2016/JATENG/RESTA SKA.

Menurut Awod, status di Facebook itu di-posting Ulin pada Sabtu siang, 5 November 2016, sekitar pukul 14.00 WIB. Dia menganggap status tersebut menebar kebencian terhadap aksi 4 November yang menuntut Basuki Tjahaja Purnama diproses hukum.

Dia mempersoalkan tulisan di status, “Memperjuangkan agama tidak dengan menjarah! Ahok dan warga Tionghoa harus dihabisi, itulah politik rasis yang mereka gaungkan dalam berbagai aksi, ceramah dan terbitan mereka. Waspadai 1998 sebagai skenario busuk. #IndonesiaDarurat”.

Tulisan tersebut diikuti dengan posting-an video penjarahan. “Entah siapa yang ada dalam video itu,” katanya. Awod menyebut tulisan itu menggiring opini bahwa pelakunya terkait dengan peserta demo kemarin.

“Tulisan itu selain fitnah juga menimbulkan potensi konflik horizontal,” katanya. Apalagi, saat ini kondisi masyarakat masih memanas lantaran adanya kasus penodaan terhadap agama.

“Kami berharap polisi memproses kasus ini,” kata Awod. Selain diduga melanggar Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dia menyebut status itu melanggar Surat Edaran Kapolri Nomor: SE/06/X/2015 tentang Penanganan Ujaran Kebencian (hate speech).

Sedangkan Ulin sebagai terlapor belum bisa memberikan komentar terhadap tuduhan tersebut. “Sebentar ya, saya masih ada acara di luar kota,” katanya melalui pesan pendek, Minggu siang.sumber:tempo.co

 

Komentari Demo 4 November Akun Facebook Ini Dilaporkan,Lihat seperti Apa Komentarnya | sentot | 4.5