Berhubungan-Badan.jpg

Penelitian Ini mengungkap Perilaku Seks Mahasiswa Makassar, dari Seks tanpa Kondom Hingga Aborsi

CnCni.net, MAKASSAR – Hasil penelitian Civic Institute bersama Keluarga Mahasiswa Sosiologi Fisip Universitas Hasanuddin (Unhas) menjalankan penelitian buat mengungkap perilaku seks mahasiswa dan mahasiswi Makassar, mulai dari seks tanpa kondom hingga aborsi.

Penelitian ini merupakan inisiatif dari kedua lembaga tsb. Mereka menjalankan kajian mengenai perilaku seks mahasiswa Makassar.

Penelitian yg dilakukan sejak bulan Maret 2016 menggunakan metode angket terhadap 400 orang mahasiswa dan mahasiswi di perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) se Kota Makassar.


Dalam penelitian ini ditentukan beberapa variabel yg menggambarkan perilaku seks mahasiswa Makassar, yaitu pengetahuan, sikap, tindakan seks, pengalaman dan faktor pendorong.

Hasil penelitian ini berikutnya diungkapkan pada diskusi ilmiah dalam rengka memperingati hari AIDS sedunia pada 1 Desember 2016 di Fisip Unhas.

Diskusi ilmiah tsb bertajuk ‘Mahasiswa dan Seks’ juga hadir sebagai panelis Komisioner Komisi Penanggulangan AIDS kota Makassar, KNPI Kota Makassar dan Sosiolog Universitas Hasanuddin.

Dari data yg diperoleh tim peneliti, dengan cara rata-rata responden cukup mempunyai pengetahuan seksual bagus bentuk dan resiko yg ditimbulkan.

Sebanyak 78,75 persen responden menjawab ‘salah’ pada pernyataan ‘penyakit menular seksual tak dapat tertular lewat hubungan seks’.

Begitu pula pada pernyataan bahwa ‘seks yaitu hubungan antara laki-laki dan perempuan didasari oleh keinginan (libido) dgn tujuan mencari kenikmatan’ sebanyak 77, 25 persen menjawab ‘benar’.

Pada indikator tindakan terungkap bahwa sebanyak 132 mahasiswa dan mahasiswi mengaku sudah menjalankan hubungan seksual, 92 mahasiswa/mahasiswi diantaranya sudah menjalankan hubungan seks tanpa alat kontrasepsi dan 48 diantaranya sudah menjalankan aborsi.



Penelitian Ini mengungkap Perilaku Seks Mahasiswa Makassar, dari Seks tanpa Kondom Hingga Aborsi | sentot | 4.5