umat-Islam-bantu-bangun-gereja.jpg

Umat Islam Gotong Royong Bangun Gereja GKI Silo Kambuaya

CnCni.net, PAPUA – Toleransi antar umat beragama di Kabupaten Maybrat Papua Barat, patut diacungi jempol. Buktinya, sejumlah umat Islam ikut bergotong-royong membantu pembangunan Gereja GKI Silo Kambuaya di Maybrat.

Selain umat Islam, aparat TNI juga turut bergotong-royong membantu pembangunan rumah ibadah jemaat Kristen tsb. Mereka sangat kompak, meski beda ras, suku, dan agama.

Gotong-royong pembangunan GKI Silo Kambuaya dipimpin oleh Babinsa desa Kambuaya, Serka Maryon Rolobessy. Menurut Maryon, kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian TNI khususnya satuan kewilayahan terhadap masyarakat.


Kegiatan ini, ucap ia, juga buat lebih mendekatkan TNI pada masyarakat. Hal itu penting supaya merasakan arti dan pentingnya kehadiran TNI buat membantu meringankan beban mereka.

“Kegiatan ini merupakan upaya Koramil 1704-05/Ayamaru dalam mendukung pembangunan kualitas iman dan taqwa dalam kehidupan bermasyarakat. Gereja yaitu salah satu sarana ibadah yg berfungsi sebagai tempat berkomunikasi dan bermunajatnya seorang hamba,” ucap Danramil 1704-05/Ayamaru Mayor Inf Andreas Pailo yg ikut hadir dalam kegiatan tsb.

Selain itu, lanjut lanjut Andreas, Gereja juga berfungsi sebagai media pendidikan bagi masyarakat supaya tercipta hubungan yg harmonis dengan cara vertikal pada Tuhan Yesus dan dengan cara horisontal pada sesama umat.

“aku mewakili anggota (TNI) akan mendukung sepenuhnya pembangunan Gereja ini, meskipun cuma sumbangan tenaga aja, tapi inilah wujud keikhlasan kami yg sudah merasa menjadi bagian dari desa ini,” tegas Danramil.

Disamping itu, diharapkan masyarakat juga ikut berperan aktif dan bergotong-royong serta bersama-sama membantu pelaksanaan kegiatan dalam membangun gereja, sehingga pembangunan ini dapat segera rampung dan masyarakat dapat segera menggunakannya buat beribadah.

Dalam pelaksanaan pembangunan gereja tsb, terlihat kemanunggalan, kekompakan serta toleransi hidup antar umat beragama. Hal itu terbukti dgn keikutsertaan masyarakat pendatang yg beragama muslim buat membantu pelaksanaan pengecoran gereja.

Di sela sela kegiatan, Pendeta Gereja Silo Oktovianus Keredi STh menyampaikan ucapan terimakasih yg setingi tingginya pada Koramil 1704-05/Ayamaru yg sudah berkenan membantu pembangunan Gereja ini dari awal hingga saat ini.

“buat itu aku mewakili semua masyarakat dan Jemaat GKI Silo Kambuaya mengucapkan terima kasih yg sebesar-besarnya pada semua pihak, khususnya bapak-bapak dari Koramil yg sudah membantu kami dalam kegiatan ini. Semoga Tuhan yg Maha Esa membalas semua kebaikan kita,” ucap Silo Oktovianus Keredi STh.

(*/one/pojoksatu)



Incoming search terms:

  • ahok bantu bangun hkbp gereja
Umat Islam Gotong Royong Bangun Gereja GKI Silo Kambuaya | sentot | 4.5